Mengenal Apa Itu Hepatitis B Kronis Lebih Jauh ?

Mengenal Apa Itu Hepatitis B Kronis Lebih Jauh ?

http://pengobatanhepatitisbkronisalami.blogspot.com/2017/05/mengenal-apa-itu-hepatitis-b-kronis.html

Apa Itu Hepatitis B Kronis ? Hepatitis adalah suatu kondisi dimana adanya peradangan yang terjadi pada liver ( hati ). Hati terletak di kuadran kanan atas perut Anda.

Organ ini melakukan banyak fungsi penting yang mempengaruhi metabolisme di seluruh tubuh Anda, termasuk produksi empedu, penyaringan racun dari tubuh, ekskresi bilirubin, kolesterol, hormon, dan obat-obatan, penyimpanan glikogen, mineral, dan vitamin (A, D, E, dan K) dan banyak lagi.

Infeksi virus pada hati yang diklasifikasikan sebagai hepatitis termasuk hepatitis A, B, C, D, dan E. Pada jenis hepatitis B, hepatitis ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV).

Virus hepatitis B (HBV) ditularkan melalui paparan darah infektif, air mani, dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayi pada saat kelahiran atau dari anggota keluarga hingga bayi pada masa kanak-kanak.

Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi HBV, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan narkoba suntikan.

Beberapa kasus menjelaskan bahwa hepatitis B ini digolongkan menjadi 2 tipe yaitu hepatitis b akut dan hepatitis b kronis. Infeksi hepatitis B akut dapat berlangsung hingga enam bulan (dengan atau tanpa gejala) sedangkan hepatitis b kronis menyebabkan infeksi jangka panjang.

Hepatitis b kronis


Hepatitis b kronis adalah tipe hepatitis b yang berlangsung lebih dari 6 bulan. Hepatitis B kronis merupakan penyakit nekroinflamasi kronis hati yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis B persisten. Hepatitis B kronis ditandai dengan HBsAg positif (> 6 bulan) di dalam serum, tingginya kadar HBV DNA dan berlangsungnya proses nekroinflamasi kronis hati.

Di daerah yang sangat endemik, hepatitis B paling sering menyebar dari ibu ke anak saat lahir (transmisi perinatal), atau melalui transmisi horizontal (terpapar darah yang terinfeksi), terutama dari anak yang terinfeksi ke anak yang tidak terinfeksi selama 5 tahun pertama kehidupan. Perkembangan infeksi kronis sangat umum terjadi pada bayi yang terinfeksi dari ibu mereka atau sebelum usia 5 tahun.

Infeksi kronis paling banyak terjadi pada anak-anak; 90% bayi dan sampai 50% anak-anak berusia 1-5 tahun akan tetap terinfeksi HBV kronis setelah infeksi awal. Sebagai perbandingan, hanya 5% orang dewasa yang terinfeksi hepatitis B akan berkembang menjadi infeksi kronis.

Hepatitis B kronis cenderung memburuk, kadang cepat tapi kadang-kadang selama beberapa dekade, menyebabkan sirosis. Hepatitis B kronis juga meningkatkan risiko kanker hati.

Sumber : Google.com

Baca juga artikel lainnya :


Mengenal Apa Itu Hepatitis B Kronis Lebih Jauh ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Saja Gejala & Ciri Penderita Penyakit Hepatitis B Kronis ?